Tips Memasak Mie Instant Yang Aman

memasak mie instant yang aman

Resep Memasak - Di jaman yang serba praktis, makanan-makanan siap saji memang paling cocok jadi pilihan. Apalagi memasaknya tak butuh lebih dari 10 menit, bahkan hanya dalam 5 menit saja Anda sudah bisa 'makan enak' dan kenyang.

Siapa sih yang di sini tak suka pada mie instant? Dengan dua jenis pilihan penyajian, dimasak dan digoreng, mie instant menjadi makanan instant paling laris di Indonesia. Cukup merebusnya pada air panas dan dicampur dengan bumbu yang sudah ditakar dan disertakan, mie langsung siap dimakan.

Tetapi, kabar yang beredar sejak lama mengatakan bahwa makan mie instant berbahaya bagi kesehatan, Anda sudah tahu ini kan? Lantas mengapa Anda masih mengonsumsinya?

Sebenarnya kabar tentang bahaya mie instant ini masih simpang siur. Belum ada penelitian tertentu yang membuktikan bahwa mie instant memang berbahaya bagi kesehatan.

Mungkin apabila terlalu banyak mengonsumsinya akan cukup mempengaruhi kondisi tubuh. Bagaimana tidak, jumlah kalori dalam mie instant ini cukup tinggi juga lho. Untuk sebungkus mie instant saja ada kurang lebih 300-400 kalori di dalamnya. Belum lagi jika ternyata Anda menambahkan nasi di sana, tak heran kan jika berat badan Anda makin naik karenanya.

Tak hanya Anda yang pernah khawatir dan meragukan bahaya mie instant. Namun selama belum ada penelitian yang melarang konsumsi mie instant, tampaknya sah-sah saja kok apabila sesekali ia dikonsumsi.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi kekhawatiran Anda pada bahaya mie instant. Kabarnya, cara ini akan membantu mengurangi kadar pengawet serta lapisan lilin yang terkandung pada mie instan.

Langkah-Langkah Memasak Mie Instant Yang Aman:
  • Didihkan air pada api sedang pada dua panci yang berbeda.
  • Masukkan mie pada salah satu panci sejenak hingga melunak. Matikan api kemudian angkat dan tiriskan mie.
  • Masukkan kembali mie pada panci kedua kemudian didihkan kembali hingga airnya lebih bening.
  • Apabila air berubah menguning, maka ini merupakan tanda bahwa lapisan lilin di permukaan mie instant luntur.
  • Matikan kompor. Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan sesuai selera dengan beberapa tambahan seperti sayuran atau bakso.

Catatan :
Cara ini tidak menjamin bahwa mie instant 100% aman dikonsumsi. Tetapi setidaknya akan membantu mengeluarkan lapisan lilin yang kabarnya berbahaya bagi kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel